orijinale-icon

ENTREPRENEUR

~ Transformasi Digital ~
Digital pada awalnya sebagai sistem numerik mewakili dua nilai yaitu 1 atau 0. Kemudian sistem ini dikembangkan lebih lanjut dan dilengkapi oleh para sarjana seperti Boole, Shannon dan George Stibitz. Stibitz dianggap salah satu dari banyak pionir komputer digital melalui pengembangan elektromekanik komputer pertama dari penemuan komputasi otomatis relay serta istilah "Digital". Proses digitalisasi semakin cepat berkembang dengan adanya personal computer dan internet. Transformasi Digital merupakan efek digitalisasi di masyarakat yang mendorong para pelaku usaha beradaptasi dan bertransformasi dalam mengubah konsep bisnis yang ada, sosial dan struktur ekonomi, hukum, dan lain-lain untuk menyesuaikan perkembangan zaman. Ketika merencanakan transformasi digital, perusahaan harus memahami efek dari perubahan budaya yang akan dihadapi agar dapat menyesuaikan diri saat mengadopsi dan melakukan integrasi teknologi digital ke dalam semua area bisnis nya, yang secara mendasar akan mengubah proses operasional supaya bisa memberikan nilai lebih kepada pelanggan. Dunia bisnis harus semakin berfokus untuk melakukan integrasi teknologi digital, seperti social, mobile, analytics, dan cloud dalam mengubah layanan bisnis nya.
Sudah banyak perusahaan atau organisasi bisnis yang berhasil melakukan transformasi digital baik untuk operasional sehari-hari maupun hanya untuk pelayanan kepada pelanggannya. Industri keuangan termasuk yang perlu cepat melakukan perubahan konsep bisnis nya dimana perusahaan dihadapkan dengan harus meningkatkan pelayanan kepada nasabah yang mobilitas nya tinggi, tetapi perlu menjaga efisiensi dalam biaya operasional. Karena saat ini banyak bermunculan Fintech yang memberikan kemudahan transaksi keuangan kepada masyarakat seperti transaksi online melalui gadget mereka. McKinsey berdasarkan penelitian terhadap faktor yang bisa meningkatkan peluang untuk keberhasilan dalam melakukan transformasi digital membagi atas beberapa hal, diantaranya memiliki pemimpin yang cerdas dan mengerti digital, membangun kemampuan untuk tenaga kerja masa depan, memberdayakan orang untuk bekerja dengan cara baru, memberikan peningkatan digital pada perangkat sehari-hari, sering berkomunikasi melalui metode tradisional dan digital. Yang perlu dipahami dimana pada dasarnya teknologi digital dapat memberikan kemungkinan untuk peningkatan efisiensi dan kedekatan terhadap pelanggan. Beberapa hal yang bisa membantu pemimpin suatu perusahaan menuju keberhasilan dalam melakukan transformasi digital adalah:
1. Mengetahui dengan jelas strategi bisnisnya saat ini dan beberapa tahun yang akan datang dengan memberikan perhatian lebih kepada kecepatan, inovasi, dan digitalisasi. Perusahaan harus bisa memprediksi tentang arah bisnis baik secara global maupun spesifik pada bidang tertentu dengan kemampuan beradaptasi secara cepat dalam menyesuaikan perubahan.

2. Leverage para staf yang mempunyai pengetahuan lebih mendalam tentang bagaimana suatu sistem bisa berhasil dalam menjalankan operasional atau bagaimana sistem yang sering mengalami masalah dalam aktifitas hariannya.

3. Membuat survey tentang pengalaman dan kepuasan pelanggan, lalu hasil survey dilakukan analisa secara mendalam terhadap hal-hal yang berkaitan dengan kepuasan maupun kekurangan pelayanan.

4. Memberikan pelatihan dan pemahaman kepada seluruh karyawan terutama hal-hal yang berkaitan dengan operasional harian, agar semua karyawan siap menghadapi perubahan-perubahan yang terjadi, meningkatkan keahlian dan produktifitas karyawan sesuai dengan kebutuhan perusahaan pada masa mendatang.

5. Menerapkan budaya Agile decision making untuk proses collaborative, iterative, dan transparan. Untuk semua pemangku kepentingan diberikan update terhadap tugas-tugas yang diberikan secara regular, lalu mereka memberikan feedback, supaya semua member tim mengetahui apa yang perlu dirubah dan ditingkatkan. Selain itu perlu menerapkan rapid prototyping dan flat structures.
Melakukan perubahan memang bukan pekerjaan yang mudah apalagi cakupan perubahan meliputi area yang luas. Tapi dengan mengimplementasi transformasi digital, suatu perusahaan bisa melakukan perubahan terhadap proses bisnis, budaya, dan pengalaman nasabah. Bukanlah suatu hal yang harus di hindari oleh perusahaan karena bisnis yang dapat bertahan adalah bisnis yang berhasil beradaptasi dengan cepat terhadap dinamika perubahan.

Artikel Terkait: