orijinale-icon

"Science without religion is blind and religion without science is lame"

~ Albert Einstein ~

Teknologi hanyalah media atau sarana yang mempermudah manusia dalam membantu menjalankan aktifitasnya. Berbagai macam penerapan teknologi dalam masyarakat bisa membuat efek yang mempengaruhi terhadap nilai-nilai ekonomi, budaya, prilaku dalam kehidupan, bahkan terhadap alam beserta mahluk hidup lain. Baik dan tidak baik efek dari teknologi tergantung dari bagaimana pemanfaatan teknologi tersebut. Teknologi itu sendiri merupakan terapan dari berbagai ilmu pengetahuan dasar matematika, sains, dan berbagai seni yang terus berkembang karena faktor kebutuhan manusia. Tak dapat dihindari lagi jika kemajuan teknologi akan terus berkembang sangat pesat saat ini dan ke depannya dengan banyaknya inovasi-inovasi yang telah dibuat. Membahas tentang teknologi itu berarti sangat luas cakupannya hampir di segala hal dalam kehidupan manusia sudah memanfaatkan teknologi.
Salah satu teknologi yang sangat membantu adalah Teknologi Informasi dalam membuat, mengubah, menyimpan, berkomunikasi atau menyebarkan informasi dengan menyatukan komputasi dan komunikasi untuk data, suara, dan video. Pengolahan data, penyimpanan dan penyebaran suara, informasi gambar, teks, dan numerik oleh mikroelektronika yang merupakan kombinasi antara komputasi dan telekomunikasi. Beberapa bidang teknologi informasi seperti website, Cloud Computing, virtual infrastructure, perangkat lunak, dan teknologi berbasis internet yang terus berkembang sangat cepat. Dimana terbentuknya sistem informasi yang membantu dalam berinteraksi, terutama untuk mendukung proses bisnis.
Orijinal Online juga memanfaatkan teknologi informasi dalam kegiatan usahanya. Karena pengembangan usaha tidak terbatas dengan penjualan secara offline, tetapi juga memanfaatkan fasilitas online dan internet seperti website & ecommerce, media sosial, Instant messenger, baik itu dari proses pemesanan, transaksi keuangan, pengiriman orderan, sampai pembukuan. Karena memang semua fasilitas dan media teknologi informasi tersebut sangat membantu dalam proses bisnis agar terus berkembang dan bisa memberikan banyak manfaat buat masyarakat. Orijinal Online saat ini menggunakan nama orijinale.com sebagai domain dan website serta Toko Orijinale sebagai ecommerce. Website dan ecommerce tersebut memang sengaja dibuat untuk memperkenalkan tentang usaha yang dijalankan mulai dari peternakan, pengolahan hasil panen, memasarkan produk hasil olahan maupun produk-produk lain, agar pembeli mendapatkan informasi dari semua proses pembuatan produk dan memempermudah melakukan transaksi jual beli yang aman dan nyaman. Selain website dan ecommerce, pemanfaatan media sosial seperti Google My Business, Facebook, Instagram, Youtube, dan LinkedIn juga sangat diperlukan untuk media pemasaran.
Teknologi Informasi jika dimanfaatkan secara benar akan sangat bermanfaat dalam membantu mempermudah aktifitas manusia. Selalu bersikap bijak dalam menggunakan teknologi informasi ini agar tidak dimanfaatkan untuk hal-hal yang kurang baik, baik secara di sengaja atau tidak di sengaja, terutama dalam hal penyebaran berita bohong (Hoax), penipuan, dan kejahatan-kejahatan lain.

Artikel Terkait: