orijinale-icon

Indonesia dengan beraneka ragam kekayaan dan keindahan laut dan pulau-pulau terbentang luas dari timur ke barat. Keindahan alam lautan Indonesia masih banyak yang belum bisa di nikmati oleh wisatawan karena kurangnya sarana dan fasilitas baik transportasi, penginapan, dan lainnya. Pemerintah saat ini sedang bekerja keras untuk membangun infrastruktur dan sarana pendukung pariwisata Indonesia. Keindahan bahari dan hasil laut Indonesia memiliki kualitas terbaik termasuk pulau-pulau besar dan kecil yang indah serta isi lautnya seperti terumbu karang dan tumbuhan laut. Keindahan bawah laut Indonesia sudah diakui dunia seperti Raja Ampat di Papua, Taman Laut Kepulauan Togean, Taman Nasional Bunaken, dan masih banyak lagi.

Indonesia selain mempunyai kekayaan dan keindahan laut, juga banyak pegunungan yang tak kalah indahnya untuk dinikmati pemandangan alam dan berlibur bersama keluarga dan teman. Terletak di daerah cincin api yang merupakan jalur gunung berapi aktif yang mempunyai panorama begitu indah. Masing-masing gunung memiliki karakteristik dan keindahan tersendiri yang unik. Juga terdapat danau dan air terjun yang masih alami dengan pesona yang sangat indah. Tak jarang juga untuk mencapai lokasi danau atau air terjun tersebut perlu perjuangan karena lokasi yang jauh dari pemukiman dan berada di dalam hutan.

Danau adalah sejumlah air (tawar atau asin) yang terakumulasi di suatu tempat yang cukup luas, yang dapat terjadi karena mencairnya gletser, aliran sungai, atau karena adanya mata air. Kebanyakan danau adalah air tawar dan juga banyak berada di belahan bumi utara pada ketinggian yang lebih atas. Banyak juga danau buatan yang sengaja dibangun untuk penyediaan tenaga listrik-hidro, rekreasi, persediaan air, dan lain-lain. Sedangkan air terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Air terjun dapat berupa buatan yang biasa digunakan di taman. Beberapa air terjun terbentuk di lingkungan pegunungan di mana erosi kerap terjadi.

Artikel Terkait: